5 Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya

 Penyebab komputer lemot tentunya perlu diketahui oleh setiap orang yang menggunakannya. Apalagi saat ini komputer telah menjadi salah satu kebutuhan utama, khususnya bagi mereka yang memang bekerja di bidang yang selalu bersentuhan dengan komputer. 

Pekerja kantoran, pekerja bank, PNS, programmer, mahasiswa dan masih banyak lagi pekerjaan lain yang memang membutuhkan perangkat komputer. Namun, terkadang ketika sedang berhadapan dengan komputer atau laptop, sering kali mengalami masalah terkait dengan performa komputer yang terkadang sangat lambat. Akibatnya bisa menghambat pekerjaan dan bikin emosi.

Penyebab komputer lemot biasanya dipengaruhi faktor komputer yang sudah lama dan tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui apa saja penyebab komputer lemot dan cara mengatasinya yang perlu dilakukan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/9/2019) tentang penyebab komputer lemot

Masalah Pada Hard Disk

Penyebab komputer lemot yang paling utama adalah masalah pada Hard Disk. Kalau Hard Disk kamu sudah lama, maka kamu perlu menggantinya. Karena Hard Disk juga memiliki batasan usia. Hard Disk yang sudah tua, akan mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan.

Hal ini biasanya juga disebabkan oleh faktor Hard Disk yang terdefragmentasi sehingga menyebabkan proses pembacaan data pada partisi hard disk kamu menjadi lambat.

Dalam melakukan proses pembacaan dan pencarian data, sistem komputer akan mencari data yang tersimpan pada Hard Disk menggunakan sistem indeks sehingga jika tidak pernah melalukan defragmentasi, maka data yang tersimpan di akan berserakan sehingga ketika diakses, akan membutuhkan proses yang lebih lama.

Data yang banyak juga memberikan faktor penyebab komputer lemot. Kalau Hard Diskmu sudah hampir penuh mencapai 95 persen, sangat besar kemungkinan komputermu akan lemot.

Untuk mengatasi masalah penyebab komputer lemot ini, kamu wajib melakukan defragmentasi Hard Disk setidaknya satu atau dua minggu sekali. Caranya cukup mudah, dengan mengetik Disk Defragmenter pada Start Menu, lalu kamu bisa melakukannya secara terjadwal.

Banyak Startup Program

Selain itu, banyaknya startup program di komputer juga dapat menjadi salah satu penyebab komputer lemot. Soalnya, beberapa aplikasi itu akan berjalan di background secara otomatis saat kamu mulai menyalakan komputer. Makin banyak aplikasi yang berjalan otomatis ketika booting, akan menjadikan komputer semakin lemot.

Biasanya ketika start-up komputer kamu sangatlah lambat dan terkadang memakan waktu hingga 2-3 menit ditambah dengan masalah loading time yang begitu lama ketika membuka aplikasi sesaat setelah start-up pada komputer merupakan tanda-tanda masalah ini.

Dengan banyaknya aplikasi yang berjalan saat start-up, RAM akan bekerja terlalu keras untuk mengalokasikan seluruh ruang yang dimilikinya pada aplikasi yang berjalan saat start-up tersebut sehingga tentu saja hal tersebut akan membuat RAM sangat terbebani.

Selain itu, tak jarang kamu membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Hal ini juga merupakan penyebab komputer lemot, karena terbatasnya RAM

Untuk mengatasi salah satu penyebab komputer lemot ini, kamu perlu mematikan beberapa start-up program yang berjalan secara default pada komputer kalian dengan mengetikkan msconfig pada start menu kemudian pilih tab start-up dan matikan beberapa program start-up yang memakan banyak RAM seperti Tune-Up Utilities jika ada.

Terlalu Banyak Temporary Files

Selain itu, penyebab komputer lemot juga bisa karena terlalu banyak temporary files. Sebenarnya temporary files bisa sangat berguna untuk mempercepat akses ke data situs yang sudah pernah dikunjungi, namun temporary files juga dapat menyebabkan komputer menjadi lambat.

Misalnya, jika hard disk sudah hampir penuh, keberadaan temporary files ini akan memakan ruang hard disk yang harusnya tersisa untuk digunakan sebagai page file agar dapat membantu RAM menjalankan berbagai program.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk membersihkan temporary files pada komputer.

Faktor Browser yang Terlalu Berat

Faktor lain yang juga dapat menjadi penyebab komputer lambat adalah faktor browser. Ketika membuka browser, sering kali kamu membuka banyak tab pada browser tersebut untuk mengakses beberapa situs sekaligus.

Ternyata hal ini dapat memberikan beban yang lebih besar pada RAM komputer. Misalnya saja jika kamu membuka 10 tab secara bersamaan, tentunya beban pada RAM komputer juga akan menjadi sepuluh kali lipat.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, usahakan untuk tidak membuka tab terlalu banyak saat sedang menggunakan browser.

Infeksi Malware

Jika kamu sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah komputer seperti yang telah disebutkan di atas, namun penyebab komputer lemot tetap tidak teratasi, maka kemungkinan besar komputer kamu telah diserang oleh malware. Hal inilah yang dapat mempengaruhi kinerja komputer kamu.

Untuk mengatasi masalah malware ini, kamu bisa menggunakan beberapa anti-virus dengan reputasi bagus seperti Avast, Kaspersky dan lain-lain.

Share:

Recent Posts